Cita Rasa Kopi Specialty

posted in: Coffee Journey | 0

Pertanyaan Seputar Cita Rasa Kopi Specialty

Cita Rasa Kopi Specialty memang memiliki keunikan dan kekhasan rasa tersendiri yang berbeda dengan produk lainnya. Bagi Anda yang belum mengenal atau bertanya-tanya apa itu kopi specialty atau Specialty Coffee dapat membaca artikel Specialty Coffee di sini.

Mungkin bagi Anda yang sudah pernah atau baru petama kali menikmati secangkir kopi specialty pada awalnya akan keheranan dan bertanya-tanya tentang cita rasa kopi specialty ini. Sebagian pertanyaan berikut ini mungkin muncul di benak Anda saat ujung lidah untuk petama kali mencicipi specialty coffee, seperti :

Kok aromanya kaya jahe ya?

Kok ada bau tembakau-nya ya?

Kok halus kaya teh ya?

Yap… itulah kesan pertama bagi para pecinta kopi yang baru pertama kali mencicipi kopi specialty yang disajikan dengan penyajian yang tepat atau dalam proses cupping.

Cita Rasa Kopi
Cita Rasa Kopi

Faktor yang Mempengaruhi Cita Rasa Kopi

Selama ini kopi selalu identik dengan rasa pahit. Bagi mereka yang tidak suka pahit, biasanya akan menambahkan gula atau creamer ke dalam kopi. Idealnya, untuk mengenali karakteristik dan keunikan dari masing – masing kopi, kopi diminum tanpa gula atau tambahan creamer.

Banyak faktor yang mempengaruhi cita rasa kopi. Dari varietas kopi yang ditanam, ketinggian penanaman kopi, tanaman pelindung, unsur – unsur tanah, iklim setempat, proses pasca panen, proses sangrai atau roasting, hingga proses penyeduhan kopi itu sendiri.

Faktor – faktor diatas sangat mempengaruhi cita rasa kopi yang siap kita minum. Secara mengejutkan, kopi hitam dapat memiliki cita rasa yang istimewa, seperti berry, floral, citrus, coklat, dan vanilla. Rasa manis pun juga dapat ditemukan dalam kopi, tanpa menambahkan gula.

Menarik kan…

Demikianlah informasi seputar cita rasa kopi specialty semoga bermanfaat untuk Anda penikmat kopi atau untuk sekedar menambah pengetahun dan wawasan tentang perkopian. Dengan beragamnya cita rasa tentu selain untuk dinikmati dan dikonsumsi sendiri dapat menjadi peluang bisnis coffee shop. Namun, seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Untuk Anda yang ingin menikmati rasa kopi yang berbeda dari kebanyakan kopi selama ini dapat mengorde atau memesan kopi terbaik Indonesia siap seduh di sini.